Jumat, 07 September 2012

Sifat-Sifat Risalah Muhammad SAW




            Nabi Muhammad SAW adalah sosok nabi dan rasul ke 25 yang patut kita ketahui. Dia merupakan nabi dan rasul terakhir yang diutus oleh Allah. Sebagai nabi terkhir, risalah yang Dia bawa memiliki ciri-ciri khusus dibanding nabi sebelumnya. Terdapat enam ciri khusus dari risalah Nabi Muhammad SAW.

            Ciri yang pertama, Nabi Muhammad SAW adalah penutup para nabi. Hal tersebut berarti tidak ada nabi lain setelah nabi Muhammad. Meyakini bahwa Nabi Muhammad adalah Nabi yang terakhir merupakan suatu hal yang mutlak. Apabila ada seseorang ada yang mengaku sebebagai seorang nabi yang baru maka sudah jelas kalau dia adalah seorang pembohong. Kita tidak boleh mengimani nabi palsu. Apabila kita melakukannya maka kita bisa dikatakan kufur. Selain tidak boleh mengimani nabi palsu, kita juga tidak boleh punya angan-angan bahwa kita adalah seorang nabi.

            Ciri yang kedua adalah penghapus risalah sebelumnya. Risalah yang dibawa oleh nabi sebelumnya menjadi tidak berlaku untuk diterapkan setelah terdapat risalah dari Nabi Muhammad. Namun ada beberapa hal yang disempurnakan oleh risalahnya dan kemudian dapat diterapkan. Intinya tidak ada risalah yang sama yang secara bulat digunakan setelah ada risalah dari Nabi Muhammad.

            Ciri yang ketiga adalah membenarkan para Nabi sebelumnya. Risalah Nabi Muhammad mengandung cerita atau kisah dari para nabi sebelumnya. Kisah-kisah tersebut menjadi bukti yang membenarkan segala sesuatu tentang nabi terdahulu.

            Ciri yang keempat adalah sebagai penyempurna risalah sebelumnya. Risalah disesuaikan dengan kondisi zamannya. Risalah-risalah sebelum zaman Nabi Muhammad tidak cocok untuk diterapkan pada zamannya. Karena itu Risalah harus disempurnakan dan disesuaikan dengan zaman.

            Ciri berikutnya adalah risalah Nabi Muhammad ditujukan untuk seluruh umat manusia. Risalah tersebut tidak terbatas hanya untuk orang islam saja, atau orang orang arab saja melainkan untuk semua orang.

Ciri yang terakhir adalah risalah Nabi Muhammad sebagai rahmat seluruh alam. Risalah tersebut  menjadi rahmat dan menaungi bukan hanya manusia, melainkan juga bagi hewan, tumbuhan, alam, dan seluruh isi dari dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes