Kamis, 06 September 2012

Pendahluan Fisika Statistik

Fisika statistik merupakan cabang ilmu fisika yang mempelajari materi pada besaran mikroskopik dengan pendekatan statistik untuk menjelaskan fenomena makroskopik yang terjadi berdasarkan mekanika klasik dan mekanika kuantum. Fisika statistik memiliki kaitan erat dengan cabang ilmu fisika yang lain. Dari segi kurikulum, dibutuhkan penguasaan materi fisika dasar panas dan termodinamika untuk mempermudah memelajari fisika statistik. Sedangkan setelah menguasai fisika statistik kita dapat menerapkannya pada cabang ilmu fisika lain seperti mekanika kuantum, fisika atom, dan ekonofisika.

Beberapa pengetahuan dari statistika dasar dibutuhkan untuk memelajari fisika statistik. Hal tersebut sesuai dengan pengertian dari fisika statistik bahwa fisika statistik menggunakan pendekatan statistik.

Jalan random merupakan suatu gerak atau peristiwa yang tidak memiliki aturan tertentu. Kemunculan peristiwa pada jalan random akan mengikuti suatu bentuk distribusi yang disebut sebagai distribusi binomial. Formulasi distribusi binomial dapat dicari dengan menggunakan pendekatan gerak satu dimensi. Distribusi binomial dirumuskan sebagai berikut :  
Berikut ini merupakan grafik dari distribusi binomial






0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes